PENGEMBANGAN PERANGKAT BELAJAR E-BOOK OPDAS MATH DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI NUMERASI

Kurikulum Merdeka dilakukan dalam rangka memulihkan pembelajaran melalui pembelajaran bermakna, salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran bermakna dalam kurikulum merdeka adalah melalui pembelajaran yang berorientasi kepada kebutuhan, kemampuan dan karakteristik setiap siswa. Setiap siswa memiliki karakter, kebutuhan, dan kemampuan yang berbeda-beda, salah satunya siswa Kelas V (lima) SDN Jugo 3. Dalam kegiatan wawancara tim kami dengan salah satu guru di sana, permasalahan yang dijumpai adalah siswa kelas V (lima) masih kesulitan dalam operasi matematika dasar, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Adapun kendala-kendala tersebut diperkuat dengan adanya kami melakukan kegiatan pre-test yang dilakukan pada tanggal 29 November 2023 dengan hasil penilaian dibawah rata-rata. Oleh karena itu, kelompok kami yang beranggotakan 3 orang yaitu Ayu Gusniawati, Dike Septiarani, dan Stefani Aurora menyepakati untuk membuat perangkat pembelajaran dengan tujuan menunjang kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran.

Perkembangan teknologi yang pesat pada abad ke-21 berdampak bagi perkembangan bahan ajar. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, tim kami membuat perangkat pembelajaran berupa E-Book (buku elektronik digital) yang dapat diakses dengan komputer atau alat elektronik lainnya yang didalamnya terdiri dari teks, gambar, video yang digunakan untuk membantu dan menunjang peserta didik selama proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang yang kami peroleh, menurut tim kami E- Book dapat membantu meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik. Kelebihan E-Book adalah lebih efisien dan mudah karena dapat menyimpan jenis bacaan, tampilannya menarik sehingga dapat meningkatkan keinginan peserta didik untuk belajar. Dalam E-Book Opdas Math terdapat materi yang dibutuhkan siswa yaitu, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dalam E-Book Opdas Math juga disajikan contoh soal agar siswa dapat memahami setiap langkah penyelesaian masalah dan juga terdapat link latihan soal untuk melatih sejauh mana perkembangan siswa dalam pemahaman materi serta keefektifan E-Book dalam pembelajaran. Oleh karena itu, E-Book Opdas Math diharapkan dapat menjadi salah satu sumber belajar baru bagi peserta didik.

Dengan pendampingan oleh salah satu dosen matematika yaitu Dr. Aprillia D.H., S.Pd., M.Si. maka terbentuknya E-book Opdas Math ini juga berdasarkan bimbingan serta masukan dari beliau. E-book yang kami unggah dengan memanfaatkan salah satu website bernama flipbook ini nanti akan membantu guru dalam proses pembelajaran numerasi di dalam kelas terutama pada kelas V (lima) SDN Jugo 3. Setelah terbentuknya E-book Opdas Math tersebut kami melakukan pengaplikasian secara langsung kepada siswa kelas V (lima) SDN Jugo 3. Respon yang diberikan oleh setiap siswa berbeda karena kemampuan setiap siswa juga berbeda. Dengan melakukan post- test kami mengetahui apakah multimedia yang kami gunakan sudah cukup membawa perubahan terhadap setiap siswa atau sebagian besar siswa. Dapat dikatakan berhasil apabila perubahan yang kami dapatkan sebesar 85% dari keseluruhan siswa yang kami praktikkan. Tidak hanya respon siswa namun pada seluruh guru dan pengajar pada SDN Jugo 3 merespon dengan sangat baik. Para guru menerima informasi yang baru dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik bagi siswa memanfaatkan teknologi yang tersedia, maka dari itu pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak terkesan membosankan.

Inovasi yang selalu baru setiap harinya juga memudahkan para guru dalam menemukan kegiatan belajar mengajar yang menarik bagi siswa tidak hanya pada numerasi namun dalam kegiatan pembelajaran literasipun setiap inovasi harus selalu ditingkatkan setiap harinya.

Gambar 1. Observasi secara online bersama salah satu guru SDN Jugo 3

Gambar 2. Pemberian game sederhana kepada siswa kelas 5 SDN Jugo 3

Gambar 3. Pemberian Pre-test pada siswa kelas 5 SDN Jugo 3

Gambar 4. Pengaplikasian E-book pada siswa kelas 5 SDN Jugo 3

Adapun kecapaian kegiatan tersebut meliputi :

  1. Munculnya ketertarikan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan menerima informasi maupun kegiatan belajar yang baru.
  2. Peningkatan kemampuan siswa dalam materi operasi dasar matematika.
  3. Penambahan ilmu dan informasi baru kepada para guru yang dapat dijadikan referensi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Gambar 5. Latihan soal pada E-Book yang terbentuk

(Dr. Aprillia D.H., S.Pd., M.Si.1 Stefani Aurora A.M.T2 Ayu Gusniawati3 Dike Septiarani4)